» » Arus Mudik Natal Mulai Melonjak

Arus Mudik Natal Mulai Melonjak

Ditulis Oleh: Redaksi | Minggu, 20 Desember 2015 | No comments

​BATAM - Satu minggu menjelang Natal, Bandara Hang Nadim Batam mengalami lonjakan penumpang sampai 4 Persen. Selain itu, mereka juga sudah mempersiapkan fasilitas Bandara guna mengantisipasi lonjakan penumpang yang lebih tinggi lagi.

Dalam minggu ini, penumpang yang biasanya hanya 6.400 orang kini naik menjadi 6.600 orang. Kenaikan ini cukup dirasakan oleh pihak Bandara Hang Nadim Batam.

"Kita memantau sudah ada peningkatan karena menjelang Natal dan Tahun Baru. Kemungkinan kenaikan ini akan terus berlanjut menjelang libur anak sekolah," ujar Suwarso selaku Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Batam, Kamis (17/12/2015).

Selain itu, pihak bandara juga sudah berkoordinasi kepada pihak maskapai untuk mengatasi maslah delay yang terjadi akhir-akhir ini. Mereka juga akan mendirikan posko sesuai koordinasi dari Kementerian Perhubungan pada tanggal 18 Desember 2015 hingga 8 Januari 2016 mendatang.

Mengenai masalah delay yang sering terjadi, Suwarso juga menjelaskan faktor penyebab delay seperti prubahan cuaca yang akhir-akhir ini terjadi. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa Batam merupakan rute transit yang menyebabkan penerbangan tertunda.

"Kejadian delay kemarin karena ada perubahan cuaca di tempat tujuan seperti di Sibolangit kemarin. Kedua karena Batam merupakan wilayah transit sehingga menyebabkan penerbangan yang lainnya tertunda," Jelas Suwarso.

Untuk mengatasi kasus penundaan penerbangan, pihak bandara juga melakukan koordinasi dan memantau kewajiban yang dilakukan maskapai. Kewajiban tersebut seperti memberikan makan kepada penumpang dan memnerikan kompensasi.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya