» » » Lion Air Rusak,Terpaksa Mendarat Di Hang Nadim Batam

Lion Air Rusak,Terpaksa Mendarat Di Hang Nadim Batam

Ditulis Oleh: Redaksi | Selasa, 05 Januari 2016 | No comments

Batamreport.com - Batam : Pesawat Lion Air jenis Boing 737/900 ER dengan nomor penerbangan JT 388 rute Jakarta - Pekanbaru yang mengangkut sekitar 210 penumpang,mengalami kerusakan pada lampu alarm di kokpit pesawat,saat sedang mengudara tak jauh dari wilayah udara Pekanbaru Riau,pada pukul 08.15 wib dan diputuskan mendarat di Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 08.20 wib,untuk dilakukan perbaikannya,Selasa (5/1) .

Kepala Humas Bandara Hang Nadim Batam,Suwarso membenarkan,bahwa pesawat Lion Air JT 388 jenis boing ini,yang bertolak dari Cengkareng Jakarta,dengan tujuan Pekanbaru,Riau mengalami kerusakan saat mengudara tak jauh dari Pekanbaru.

"Pada pukul 08.15,pesawat Lion Air itu,mengalami gangguan kerusakan pada lampu alarm yang ada di kokpit pesawat,dan diputuskan untuk mendarat di Bandara Hang Nadim Batam,pada pukul 08.20 untuk diperbaiki"kata Suwarso.

Dijelaskan Suwarso,pesawat Lion Air tersebut,setelah mendarat di Hang Nadim Batam,berusaha untuk melakukan perbaikan pesawat tersebut,namun hingga kini masih terkendala,Hingga seluruh Penumpang yang berjumlah 210 orang tersebut,diturunkan di ruang tunggu A4,sambil menunggu pesawat penggantinya.

"Pihak Lion Air berjanji,akan melakukan penukaran pesawat dari hanggarnya,untuk mengangkut para penumpang tersebut,dan kita masih menunggu informasi selanjutnya" ujarnya.

Menurutnya,pihak Bandara Hang Nadim Batam sudah meminta kepada pihak Lion Air,untuk memberikan kewajibannya,kepada seluruh penumpang pesawat itu,seperti memberikan makanan ringan atau snack,sambil menunggu pesawat penggantinya.

"Jika pesawat menglami keterlambatan lebih dari 4 jam,pihak maskapai harus memberikan uang pengganti sebesar 300 ribu,kepada para penumpang,dan itu sesuai dengan peraturan Kementrian Perhubungan" terang Suwarso.

Ditambahkannya,sebentar lagi pesawat pengganti dari hanggar Lion Air tersebut,sudah melakukan kegiatan di Bandara Hang Nadim Batam.

Dalam perbaikan pesawat yang rusak tersebut,memang belum diketahui pasti letak kerusakannya,namun perbaikannya membutuhkan waktu yang cukup,dan mempersiapkan kru dan hal lainnya.

Suwarso dalam hal ini mengatakan,kronologi mengetahui pesawat Lion Air itu rusak,pada saat sudah mengudara dan mendekati Pekanbaru,dan Kapten pesawat tersebut,seperti yang sudah disepakati,melakukan pendaratan di Bandara Hang Nadim.

Saat ditannya mengapa memilih di Bandara Hang Nadim Batam,Suwarso mengatakan karena kita melihat situasi pada saat itu,memang kondisi pesawat belum ramai,dan fasilitas yang ada telah mumpuni,serta memiliki landasan pacu yang panjang,sehingga diputuskan oleh kapten pesawat Lion Air itu,untuk mendarat di Bandara Hang Nadim Batam,bukan ke Palembang,Sumsel.

"Mungkin Hang Nadim menjadi salah satu alterntif,kapten mengalihkan pesawatnya ke Batam"terang Suwarso.

Hingga saat ini,para penumpang sedang menunggu pesawat penggantinya,seluruh penumpang selamat,dan saat melakukan pendaratan,pesawat tidak mengalami masalah,semua beroperasi dengan baik.

Saat akan mendarat di Bandara Hang Nadim Batam,para penumpang sudah diinformasikan,akan mendarat di Batam,karena pesawat mengalami kerusakan,dan nantinya setelah tiba di Bandara Hang Nadim,akan dilanjutkan penerbangan kembali ke Pekanbaru,Riau dengan pesawat penggantinya dengan jenis yang sama yang ad di hanggar Lion Air.

(Red/Ai).






Baca Juga Artikel Terkait Lainnya