» » Pelaku Penyelundup Burung Murai Batu Sudah 3 Kali Melakukan Aksinya Di Batam

Pelaku Penyelundup Burung Murai Batu Sudah 3 Kali Melakukan Aksinya Di Batam

Ditulis Oleh: Redaksi | Jumat, 05 Februari 2016 | No comments

Batamreport.com - Batam : SA dan TR dua pelaku penyelundupan153 burung murai batu ilegal asal Malaysia,sudah tiga kali melakukan aksi penyelundupan hewan liar tersebut di Batam.

Hal ini diungkapkan Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Batam,Suryo Irianto saat jumpa pers,dimana kedua pelaku sudah tiga kali melakukan penyelundupan hewan liar atau burung murai batu secara ilegal yang dibawa dari luar negeri atau negara tetangga ke Batam.

"Ini sudah yang ketiga kalinya pelaku membawa burung murai batu dari Malaysia masuk melalui pelabuhan Harbour Bay,Batu Ampar tanpa melewati mesin X-Ray yang ada di pelabuhan tersebut" kata Suryo.Jumat (5/2).

Dijelaskannya,bahwa kedua pelaku TR dan SA merupakan warga Batam,masing-masing berperan sebagai perantara dan penampung ratusan burung murai batu asal Malaysia tersebut,untuk dijual atau dibawa keluar Batam.

Ia juga mengakui,bahwa petugas Balai Karantina Pertanian Kelas I Batam,baru pertama kali melakukan penangkapan terhadap pelaku penyelundup burung murai batu ilegal yang dibawa dari Malaysia.

"Sudah dua kali pelaku lolos membawa burung murai batu ilegal tersebut,namun yang ketiga ini lah kita baru berhasil menggagalkan penyelundupan satwa liar tersebut" ujarnya.

Sebelumnya,kedua pelaku pernah dua kali lolos membawa burung murai batu itu,dipelabuhan ferri Batam Center,namun yang ketiga kalinya ini,mereka membawanya lewat pelabuhan ferri Harbour Bay,Batu Ampar.

"Dengan modus berpura-pura bawa barang,sebagai penumpang kapal,dimana pelaku membawa burung-burung tersebut ditaruh dalam tas plastik hitam,dan berangkat dengan menumpang k kapal terakhir pukul 19.00 wib dari Stulang Laut Malaysia" pungkasnya.

(Red/Ai).
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya