» » Perusahaan Yang Lakukan kegaiatan Reklamasi Pantai Akan Segera Dihentikan

Perusahaan Yang Lakukan kegaiatan Reklamasi Pantai Akan Segera Dihentikan

Ditulis Oleh: Redaksi | Selasa, 17 Mei 2016 | No comments

Batamreport.com - Batam : Tim 9 akan segera menghentikan perusahaan yang melakukan aktivitas reklamasi pantai di Batam.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam,Agus Sahiman,bahwa tim 9 sudah mengantongi nama-nama perusahan yang melakukan kegiatan reklamasi pantai,yang ada diwilayah Pulau Batam.

"Nama-nama dan data perusahaan itu sudah ada,dan akan segera dilakukan evaluasinya untuk penghentian kegiatan reklamasi tersebut"

Diakuinya,saat ini tim 9 dan dirinya sedang melakukan rapat pembahasan evaluasi untuk menentukan perusahaan mana saja yang akan dihentikan aktivitasnya.

" kita tunggu hasil evaluasi itu,dan nantinya akan langsung dikirimkan surat kepada perusahaan yang bersangkutan untuk menghentikan kegiatannya tersebut" ujar Agus Sahiman lagi.

Ia berharap hari ini,atau menjelang sore sudah dapat hasil pembahasan evaluasinya,dan akan diberitahukan kepada seluruh media.

Namun Agus Sahiman,selaku selaku Sekda Kota Batam,enggan memberitahukan nama-nama dan data perusahaan yang akan dihentikan aktivitas reklamasi pantainya itu.

" nanti lah ya,usai hasil evaluasi dulu lah" tuturnya.Senin (16/5).

Diakuinya lagi,ada banyak perusahaan yang akan dievaluasi untuk dihentikan aktivitas reklamasi tersebut,dan Pemko Batam berhak untuk menghentikan aktivitas reklamasi dari perushaan yang menyalahi aturan.

"Pak Wali Kota berhak melakukan menghentikan kegiatan itu,karena ia sebagai kepala daerah,ditambah lagi Pemko Batam juga anggota Dewan Kawasan saat ini" terangnya.

Pengurusan ijin reklamasi haruslah melalui beberapa persyaratan khusus,dan perusahaan yang akan mengajukan harus bisa memenuhi persyaratan yang nantinya akan dilaksanakan.

"Contoh pengajuan persyaratan reklamasi ada di Pertanahan,semua teknis pengajuannya ada,dari satu sampai sembilan," jelasnya lagi.

Bahkan dalam memberikan izin reklamasi selama ini,Pemko Batam mengacu pada Perpres dan tata ruang.

"Saya lupa tahunnya ,namun begitu ditahun 2014 keatas sudah tidak boleh lagi," ungkapnya.

Namun begitu,tidak semua perizinan reklamasi Pemko Batam yang mengeluarkannya.Karena masih ada BP Batam.

" tidak semua di Pemko Batam,ijin cute n fill nya ada di BP Batam" tegasnya.

Ia mengharapkan agar masyarakat kota Batam sabar untuk menunggu hasil keputusan dari Tim 9.

"Mudah-mudahan besok sudah ada datanya ," pungkasnya mengakhiri.

(Red/Ai/Amok Group).
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya