» » Petugas Keamanan Pelabuhan dan BC Batam Gagalkan Wanita Penyelundup Uang Ratusan Juta Ke Luar Negeri

Petugas Keamanan Pelabuhan dan BC Batam Gagalkan Wanita Penyelundup Uang Ratusan Juta Ke Luar Negeri

Ditulis Oleh: Redaksi | Kamis, 26 Mei 2016 | No comments

Batamreport.com - Batam : Wirna (42) wanita keturunan Tionghoa,warga Batam,terpaksa diamankan petugas keamanan pelabuhan dan petugas Bea Cukai,saat akan menyelundupkan uang ratusan juta rupiah,yang akan dibawanya ke Singapura dengan menumpang kapal Ferry Batam Fast 18,sekitar pukul 15.20 melalui pelabuhan Ferry Internasional Batam Center,Batam Kepri.

Wanita pemilik Pasport dengan No B 3496586,tempat lahir Selat panjang 27 januari 1974 tersebut,nekat membawa uang pecahan Rp.100 ribu dengan total nilai Rp.670 juta tanpa dokumen tersebut,yang dibungkus koran bekas,dan dimasukkan ke dalam pakaian tepatnya didekat perut pelaku,agar tidak diketahui petugas.

Namun aksi nekat pelaku yang ingin mengelabui petugas pun terbongkar,setelah seorang petugas cleaning service pelabuhan tidak sengaja memergoki pelaku, yang sibuk membetulkan selipan ratusan juta uang,yang dibungkus dengan koran bekas,saat berada didalam toilet ruang boarding keberangkatan penumpang.

Susanto,komandan regu pengamanan pelabuhan Ferry Internasional Batam Center,saat dihubungi Batamreport.com mengatakan salah seorang anggotanya bernama Antonius mendapatkan informasi dari petugas cleaning service,bahwa ditoilet ruang boarding keberangkatan ada seorang perempuan,yang sedang membetulkan lipatan koran di bagian tubuh (perut).

"Ada laporan dari petugas cleaning service yang melihat seorang perempuan sedang melipat koran yang didalamnya ada benda yang mencurigakan dan dimasukkan ke dalam pakaiannya,tepatnya di perut wanita itu" kata Susanto.Rabu (25/5).

Dia menjelaskan,atas informasi tersebut,Antonius pun langsung mengecek keberadaan pelaku yang saat dilihat,sudah keluar dari toilet dan menuju ke kapal ferry Batam Fast 18 yang sedang sandar menunggu penumpang.

"Antonius langsung mengamati wajah pelaku dan mengikutinya hingga ke dalam kapal yang akan berangkat pukul 15.20 " terangnya.

Dilanjutkan oleh Susanto,setelah memastikan wajah dan keberadaan pelaku,Antonius pun
Langsung berkoordinasi dengan pihak BC pabean pelabuhan,dan akhirnya pelaku pun dijemput dari dalam kapal,kemudian dibawa ke ruang Pemeriksaan Bea Cukai pelabuhan Ferry Batam Center,Batam.

Alhasil petugas keamanan pelabuhan dan petugas Bea Cukai menemukan ditubuh pelaku,terdapat lipatan koran rapi yang berisi uang pecahan Rp.100 ribuan,dengan total nominalnya Rp.670.juta saat dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku.

"Saat diperiksa oleh petugas BC,ditubuh pelaku terdapat bungkusan koran yang berisi uang ratusan juta rupiah,yang akan dibawa nya ke Singapura" pungkas Susanto.

Akhirnya setelah diamankan dan dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku,di ruang pemeriksaan Bea Cukai pelabuhan Ferry Batam Center,pelaku pun langsung digiring dan dibawa ke kantor Bea dan Cukai Batam,di Batu Ampar untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.


(Red/Ai).
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya