» » Diduga Kapal Patroli BC Batam Terbakar Karena Kelalaian AbK Kapal

Diduga Kapal Patroli BC Batam Terbakar Karena Kelalaian AbK Kapal

Ditulis Oleh: Redaksi | Kamis, 29 September 2016 | No comments


Batamrepot.com - Batam : Musibah yang menimpa Kapal Patroli Bea Cukai Batam bernomor lambung BC 15025 yang meledak saat melakukan patroli di perairan Nongsa,diduga dari kelalaian ABK (petugas BC) yang merokok di dalam kapal.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala KPU BC Tipe B Batam,Noegroho Wahyu Widodo,saat gelar jumpa pers dengan awak media,yang berlangsung di lantai III gedung KPU BC Tipe B Batam,Batu Ampar.

Ia menjelaskan,bahwa Kapal Patroli BC Batam,dengan nomor lambung BC 15025 itu,meledak dan terbakar,sekitar pukul 20.30 wib,saat sedang melaksanakan tugas rutin berpatroli disekitar perairan Nongsa,dan diduga kapal tersebut,tidak mempunyai penutup tangki,sehingga diduga api dari puntung rokok petugas,menyambar ke bagian tangki tersebut.

"Sekitar pukul 18.30 wib,kapal berangkat dari pangkalan saran operasi yang ada di Sekupang,setelah sebelumnya dilakukan pengecekan kelayakan kapal,dan perlengkapan lainnya,serta mengisi BBM,kapal dalam kondisi baik saat berangkat dari pangkalan tersebut" kata Noegroho,Kamis (29/9) sekitar pukul 11.00 saat gelar konfrensi pers.

Dilanjutkannya,saat melakukan perjalanan dari Sekupang itu,kapal patroli yang dikemudikan oleh nakhoda kapal M.Israni yang melaju dengan kecepatan rendah,tiba -tiba meledak diduga berasal dari tangki BBM yang berada diruang bawah,padahal sebelumnya tidak ada tanda-tanda apapun.

"Dalam peristiwa itu,tiga orang petugas kita,Ahmad Muamal Nasution,Imron Wahyudi dan Andrie Sudirman yang sedang berdiri tepat diatas tangki BBM itu,terpental karena ledakan kapal tersebut dan mengalami luka-luka"ujar nya.


Disambung oleh Noegroho,sementara sang nakhoda kapal M.Israni yang duduk di kursi kemudi,tidak terpental,dikarenakan posisi kursi yang cukup tinggi dari lantai kapal.

"Ke empat nya pun,langsung loncat ke laut,setelah melihat kondisi yang tidak memungkinkan itu,untuk menyelamatkan diri,karena kapal sudah terbakar"terangnya.

Setelah berhasil diselamatkan karena menyebur ke laut,ke empat ABK kapal itu pun langsung dibawa ke Rumah Sakit Budi Kemuliaan untuk dirawat secara intensif.

Atas musibah kapal patroli BC Batam itu,yang sempat meledak sebelum terbakar,pihak BC Batam saat ini tengah melakukan kerja sama dengan Polresta Barelang untuk menyelidiki kasus terbakarnya kapal patroli tersebut.

"Kita telah bertemu dengan Kapolresta Pak Helmy, dan beliau bersedia membantu melakukan penyidikan atas musibah ini"pungkas Noegroho Wahyu Widodo.

(Red/Ai/rils).
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya