» » Polsek Batam Kota Ringkus 4 Begal Jalanan

Polsek Batam Kota Ringkus 4 Begal Jalanan

Ditulis Oleh: Redaksi | Jumat, 16 September 2016 | No comments

Batamreport.com - Batam : Kepolisian Sektor (Polsek) Batam Kota berhasil amankan empat orang tersangka pelaku begal yang sering beraksi di wilayah Batam Kota dan sekitarnya.

Ke empat pelaku (tersangka) masing-masing Amran Pasaribu (19),Baltazar Lando Domangking (19),Aditya Damara alias Adit (20),Muhammad Firdaus,alias Marup (15).Dan salah satu pelaku terpaksa Amran Pasaribu dilumpuhkan dengan timah panas saat akan mencoba kabur dari sergapan petugas yang menangkapnya.

Penangkapan ke empat pelaku begal (curas) ini berawal dari adanya laporan 2 orang korban ,yang berbeda lokasi,namun pada hari yang sama,namun berbeda jam,yakni Minggu,(11/9) antara pukul 02.15 hingga pukul 02.30.

Adalah Guntur Sri Wibowo Putro (21) warga Rusun BPJS Kawasan Kabil Blok TB 7 Kamar 0324 Kec. Nongsa dan FAJRUL RASUL (18) warga Perum. Legenda Malaka Blok E/KAV I No. 01 Kec. Batam Kota.

Masing-masing dibegal oleh ke empat pelaku dan kawanannya di Jalan Raya depan Hotel 01 Batam Center Kec. Batam Kota dan di Pasar Mega Legenda Kec. Batam Kota,dengan cara mendatangi salah satu korban yang sedang mengendarai motor yang hendak pulang ke rumahnya,namun berhenti dijalan raya,karena ingin melihat whatsApp di hapenya,tetapi tiba
-tiba didatangi empat pelaku dan langsung mengelilingi korban,serta salah satu pelaku dengan memegang samurai menodongkan kepada pelaku dengan meminta korban menyerahkan barang-barang miliknya,lalu setelah diserahkan pelaku pun lalu memukul punggung korban dengan samurai,karena tidak menyerahkan tasnya,dan akhirnya ke empat pelaku itu pun kabur melarikan diri

Hal yang sama juga dialami oleh korban satunya lagi,saat ia bersama dengan temannya,sehabis nonton bola didatangi para pelaku,dengan mengendarai beberapa motor,dan mengancam korbannya dengan samurai dan tongkat bisbol,agar menyerahkan barang-barang miliknya,dan salah satu pelaku memukul korban dibagian kepala dengan samurai,dan para pelaku langsung kabur,setelah berhasil merampas barang berharga milik korban tersebut.

Kapolsek Batam Kota,Kompol Arwin,mengatakan setelah mendapatkan laporan dari kedua korban tersebut,petugas Opsnal Polsek Batam Kota bergerak cepat menindak lanjuti laporan itu,sehingga pada Kamis,(15/9) sekira pukul 02.00 WIB menerima informasi bahwa salah satu pelaku begal berada di daerah Bengkong.

"Kemudian anggota Opsnal Polsek Batam Kota pun melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap tersangka atas nama Amran Pasaribu" kata Kompol Arwin.

Dilanjutkannya,dari tersangka setelah itu dilakukan pengembangan dan berhasil menangkap Aditya Damara alias Adit yang saat itu berada di warnet Oasis jodoh,lalu dikembangkan lagi,dari hasil keterangan pelaku diketahui bawah tersangka atas nama Baltazar Lando Domangking yang saat itu berada di sedang berada di Mediterania juga terlibat dalam melakukan aksinya, dan terakhir menangkap Muhammad Firdaus alias Marup di Bengkong.

"Saat dilakukan penangkapan Amran Pasaribu mencoba melarikan diri sehingga dilakukan tindakan tegas dengan menembak salah satu kaki pelaku tersebut"ujarnya.

Setelah berhasil menangkap ke empat pelaku itu,serta barang buktinya dibawa ke Polsek Batam Kota guna proses penyidikan lebih lanjut.

Ditambahkannya,adapun barang bukti yang ikut diamankan :
1. 1 (satu) Unit sepeda motor Yamaha Vega warna Hitam dengan Nopol BP 2192 DO.
2. 1 (satu) Buah Samurai
3. 1 (satu) buah tongkat pemukul bisbol.
4. 1 (satu) Unit Handphone android Merk Xiaomi warna Gold.
5. 1 (satu) Unit Tablet merk Asus warna putih.
6. 1 (satu) unit Handphone merk Asus Zenfone warna Putih.
7. 1 (satu) Unit Handphone mwrk Samsung model Lipat.
8. 1 (satu) unit Handphone merk Nokia Warna putih.

Atas perbuatan ke empat pelaku,petugas pun mengenakan kepada para pelaku dengan pasal 365 KUHP dan pasal 170 KUHP.

(Red/Ai).

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya