» » Tim WFQR 4 Jatanrasla Lantamal IV Berhasil Gagalkan penyelundupan TKI Ilegal

Tim WFQR 4 Jatanrasla Lantamal IV Berhasil Gagalkan penyelundupan TKI Ilegal

Ditulis Oleh: Redaksi | Rabu, 07 Desember 2016 | No comments

Batam,(BR) - Tim WFQR (Westeren Fleet Quick Respon) 4 Unit 1/Jatanrasla (Kejahatan dan Kekerasan di laut) Lantamal IV,berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 37 orang manusia ke Malaysia,pada 06 Desember 2016,sekitar pukul 23.35 wib.

Seyogya nya ke 37 orang tersebut,diduga akan dijadikan TKI ilegal dan dipekerjakan sebagai Tank Claening Servis kapal di perairan Internasional (OPL),dan saat ini semua nya telah diamankan di Dermaga Lanal Tanjung Sengkuang Batam, Rabu (7/12).

Danlantamal IV Tanjung Pinang, Laksmana Pertama S.Irawan dalam keterangannya,mengatakan para TKI diberangkatkan oleh cukong dari perairan Teluk Jodoh Batam, dengan jumlah 37 orang, dimana yang menyerahkan diri 3 orang. Sehingga jumlah yang diamankan sebanyak 40 orang.

Menurutnya,4 unit kapal speed boat pancung bermesin 150 PK tersebut juga telah diamankan, sementara dua unit speed boat pancung yang lain berhasil meloloskan diri.

"Speed boat pancung yang berhasil kabur tersebut,masih membawa sekitar 30 orang,yang tidak memiliki dokumen resmi sehingga kita katakan illegal," ujarnya.

Irawan juga menuturkan,bahwa speed boat tersebut digunakan untuk mengangkut calon TKI, yang mana TKI tersebut diberangkatkan dari pelabuhan tikus di Tanjung Uma perairan Teluk Jodoh.

Irawan juga memaparkan bahwa penyeludupan ke 37 orang manusia tersebut, di otaki oleh dan pelakunya adalah warga Negara Malaysia dan Singapore, dimana para calon TKI akan dijemput oleh kapal yan berlabuh ditengah laut perairan Malaysia. 

"Karenanya,Tim WFQR 4 sudah melakukan kordinasi dengan APMM dan PCG Singapore untuk membongkar sindikat penyeludupan manusia secara Internasional," ujarnya.

Dia juga menambahkan ke 5 orang tersebut telah di jadikan tersangka,dimana satu orang sebagai koordinator yaitu AJ dan 4 orang yang bertugas sebagai tekong Boat pancung dengan inisial Ms, Hn, Fd, Ed.

(red/ai).









Baca Juga Artikel Terkait Lainnya