Tim WFQR Lanal Batam Gagalkan Penyelundupan Rokok Tanpa Cukai 120 Box

Laksma .S Irawan saat gelar ekpos pelaku penyelundupan rokok tanpa cukai di dermaga Mako lanal Batam.  (photo Aidil). Batam . BR -  ...


Laksma .S Irawan saat gelar ekpos pelaku penyelundupan rokok tanpa cukai di dermaga Mako lanal Batam.  (photo Aidil).


Batam . BR -  Kembali  Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) IV Lanal Batam berhasil menangkap  speed boat tanpa nama bermesin 3 buah 200 PK, yang bermuatan 120 box (9.600 slop) rokok tanpa cukai,pada titik kordinat 0'36' 727 U - 104' 17' 206" atau di perairan Tanjung Cakang, Pulau Galang, Senin (3/4), pada pukul 23.00 WIB.

Bahkan speed boat tanpa nama ini , terkenal licin dan pandai menghindari sergapan petugas, sehingga Tim WFQR IV Lanal Batam menjadikannya sebagai target operasi.

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI S. Irawan mengatakan, saat gelar ekpos penangkapan di Dermaga, mako Lanal Batam, mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan tim WFQR IV Lanal Batam, speed boat tanpa nama dengan ABK 3 orang dengan tujuan Tanjung Dato Pulau Kijang, mengangkut rokok tanpa cukai milik  “H” yang beralamat di Batam.

" Dugaan pelanggaran antara lain tidak ada SPB, tidak ada dokumen kapal dan tidak ada dokumen muatan dengan modus operandi patut diduga rokok tersebut berasal dari Batam / FTZ yang akan diselundupkan lewat laut secara ilegal (tanpa cukai) ke Pulau Kijang, dan akan dilanjutkan di bawa ke wilayah lainnya,” kata Laksma S. Irawan. Rabu (5/4) sekitar pukul 10.30 Wib.

Lebih lanjut Danlantamal IV juga mengatakan permasalahan rokok tanpa cukai ini, sangat mengemuka dan telah meresahkan masyarakat Kepri, bahkan beberapa waktu yang lalu Komisi II DPRD Kepri turun langsung melakukan sidak ke lapangan, dan menemukan rokok-rokok berbagai merek tanpa cukai berdar di pasaran, hal ini membuat wakil rakyat itu sangat berang kenapa permasalahan ini bisa terjadi.

Laksma .S Irawan saat gelar ekpos pelaku penyelundupan rokok tanpa cukai di dermaga Mako lanal Batam.  (photo Aidil).

Dijelaskan oleh Danlatamal IV lagi, modus yang digunakan oleh para penyelundup ini, dengan memasukkan barang-barang tersebut ke dalam speed boat pada malam hari untuk menghindari petugas dan bergerak secara sembunyi-sembunyii keluar Batam, saat kondisi sudah dirasa aman mereka bergerak cepat dan selalu berkoordinasi dengan menggunakan handphone dan jaringan, yang sudah menunggu di pelabuhan tertentu, untuk didistribusikan ke berbagai daerah.

" Untuk saat ini barang bukti speed boat dan rokok diserahkan ke Patkamla Kal Nipa dan dikawal menuju dermaga Mako Lanal Batam guna penyelidikan lebih lanjut, dari kalkulasi sementara potensi kerugian Negara diperkirakan mencapai 1 Milyar rupiah " jelas S.Irawan.

Danlantamal juga mengintruksikan kepada seluruh jajarannya agar terus meningkatkan pengawasan terutama jalur-jalur pelabuhan tikus yang ada di seluruh wilayah kerja Lantamal IV agar upaya-upaya penyeludupan dapat ditekan.

" Walaupun TNI AL memiliki keterbatasan sarana, namun hal itu bukan penghalang bagi WFQR IV untuk melaksanakan tugas karena kita mempunyai pola operasi yang seluruh wilayah Kepri sudah kita petakan titik-titik mana yang mempunyai tingkat kerawanan yang tinggi,” ujarnya.

Untuk itu Danlantamal IV terus berkoordinasi dengan aparat yang mempunyai kewenangan di laut, untuk bersama-sama memberantas kegiatan illegal seperti penyeludupan rokok, dan meminta untuk terus mengintensifkan koordinasi yang mantap agar stigma negatif tentang wilayah kepri sarang penyeludupan tidak ada lagi..

Dan juga lantamal IV akan juga mengamankan kebijakan Presiden Joko Widodo, untuk memberantas segala bentuk kegiatan ilegal di atau lewat laut, mengingat kegiatan penyelundupan dapat merusak tatanan dan sendi-sendi perekonomian bangsa Indonesia.

(red/ai/Dispenal IV).

COMMENTS

Nama

batam,234,bola,2,ekonomi,49,Headline,210,Hukum,126,Internasional,15,nasional,54,politik,10,Selebritas,27,
ltr
item
batamreport.com - digital media batam: Tim WFQR Lanal Batam Gagalkan Penyelundupan Rokok Tanpa Cukai 120 Box
Tim WFQR Lanal Batam Gagalkan Penyelundupan Rokok Tanpa Cukai 120 Box
https://1.bp.blogspot.com/-GxMiY1ytnoY/WOSkkienYEI/AAAAAAAAAOw/AoYZVH0y6_kDaTmL-Em6QVS1Gpxk259DQCLcB/s640/DSC_0304.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-GxMiY1ytnoY/WOSkkienYEI/AAAAAAAAAOw/AoYZVH0y6_kDaTmL-Em6QVS1Gpxk259DQCLcB/s72-c/DSC_0304.JPG
batamreport.com - digital media batam
http://www.batamreport.com/2017/04/tim-wfqr-lanal-batam-gagalkan.html
http://www.batamreport.com/
http://www.batamreport.com/
http://www.batamreport.com/2017/04/tim-wfqr-lanal-batam-gagalkan.html
true
3795055939870948859
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA: BERITA ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA maaf berita yang dicari tidak ditemukan KEMBALI Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy