Polda dan Kejati Kepri Tanda Tangani Kesepakatan Bersama serta Launching SPDP Online

Batam , BR - Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau, menggelar acara Penandatanganan kesepakatan bersama dan Launching SPDP...








Batam , BR - Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Riau, menggelar acara Penandatanganan kesepakatan bersama dan Launching SPDP Online antara Polda Kepri dengan Kejati Kepri. Kamis (8/6) sekira pukul 10.00 Wib.

Kegiatan Penandatanganan kesepakatan bersama dan Launching SPDP Online antara Polda Kepri dengan Kejati Kepri ini, dilaksankan di Graha Lancang Kuning Polda Kepri dengan dipimpin oleh Dirreskrimum Polda Kepri yang mewakili Kapolda Kepri, Aspidum Kejati Kepri, Para Stake Holder terkait, serta para Pamen, Pama dan Bintara reskrimum Polda Kepri.

Dalam sambutan Kapolda Kepri yang dibacakan oleh Dirreskrimum Polda Kepri Kombes Pol Eko Puji Nugroho, Sik, MH, menyampaikan Penggunaan aplikasi berbasis teknologi informasi di era saat ini sangatlah vital. Pada jaman dulu masyarakat banyak enggan datang ke kantor polisi,karena hanya akan habis waktu jika melapor. Sebagian yang lain merasa tidak nyaman karena merasa tidak dilayani. Bentuk-bentuk kekecewaan masyarakat seperti itu dahulu jamak terjadi. Zaman terus berputar, kini segala aspek-aspek kelemahan pelayanan seperti itu bisa diminimalisir oleh teknologi.

“ Dengan adanya aplikasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi seperti SPDP Online ini, maka kini masyarakat khususnya korban/pelapor dan terlapor, dapat memonitor perkembangan proses penyidikan perkara yang sudah dilaporkan, hanya dengan mengunduh aplikasi yang telah disediakan oleh Polda Kepri, yang dapat digunakan melalui ponsel android, sehingga ini sangat berguna dalam memantau perkembangan penyidikan perkara yang sedang di jalaninya, dan untuk kepentingan pembelaan ataupun berkoordinasi dengan penasehat hukum baik dari pelapor maupun terlapor " kata Diresskrimum saat membacakan sambutan Kapolda Kepri.





Lanjut Dirreskrimum, untuk diketahui bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan bahwa surat pemberitahuan penyidikan (SPDP) tidak hanya diserahkan dari kepolisian kepada kejaksaan, tetapi juga kepada pihak terlapor dan korban. Selain itu, SPDP harus diserahkan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah dinyatakan bahwa kasus yang ditangani dinaikkan statusnya ke tahap penyidikan. 

Ketentuan tersebut sedianya tertuang dalam pasal 109 ayat 1 undang-undang nomor 8 tahun 1981 tentang hukum acara pidana (KUHAP). Adapun bunyi pasal tersebut, yakni: “dalam hal penyidik telah memulai melakukan penyidikan suatu peristiwa yang merupakan tindak pidana, penyidik memberitahukan hal itu kepada penuntut umum”. Adanya perubahan ketentuan pasal ini berdasarkan putusan majelis hakim, mk atas permohonan uji materi nomor perkara 130/PUU-XII/2015. “ penyidik wajib memberitahukan dan menyerahkan surat pemberitahuan dimulai penyidikan kepada penuntut umum, terlapor dan korban/pelapor dalam waktu paling lambat 7 (tujuh) hari setelah dikeluarkannya surat perintah penyidikan.

Sambung nya lagi, Polri menyambut baik putusan Mahkamah Konstitusi mengenai surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) ini, dengan putusan MK ini ada ketentuan waktu penyerahan SPDP sehingga penuntut umum atau kejaksaan tidak kesulitan dalam membuat pra penuntutan. Bapak Kapolri telah memerintahkan kepada Dirreskrimum dan seluruh penyidik untuk mempedomani putusan MK tersebut, untuk itu Polda Kepri pada tahap awal jangka pendek dimulai dari Ditreskrimum telah membuat suatu inovasi dengan menerbitkan SPDP berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi dalam rangka mewujudkan polri yang professional, modern, dan terpercaya, yang nantinya untuk jangka menengah dan jangka panjang diharapkan seluruh jajaran Polda Kepri sudah menerapkan SPDP Online.

" Kapolda menyambut baik diselenggarakannya penandatanganan naskah kerjasama (Mou) antara Polda Kepri dengan kejaksaan tinggi Kepulauan Riau, tentunya kerjasama ini sangat penting dalam menciptakan sinergitas penanganan kasus tindak pidana diantara komponen dalam criminal justice system. Melalui penerapan SPDP online tersebut " pungkasnya.

Terakhir dalam sambutan Kapolda tersebut, bahwa pengiriman SPDP kepada kejaksaan selama ini dilakukan secara manual dengan menggunakan jasa pengiriman dan itu berpotensi akan terjadi kehilangan, apalagi antara Polda Kepri dengan kejaksaan tinggi berbeda pulau dan di batasi dengan lautan. Dengan SPDP online ini begitu polda menangani kasus, SPDP sudah dapat langsung dikirim melalui aplikasi online dan sudah langsung diketahui oleh kejaksaan, pelapor dan terlapor, ini sangat bagus untuk cek and balance.

(red/ai/Hms Polda) 

COMMENTS

Nama

batam,234,bola,2,ekonomi,49,Headline,210,Hukum,126,Internasional,15,nasional,54,politik,10,Selebritas,27,
ltr
item
batamreport.com - digital media batam: Polda dan Kejati Kepri Tanda Tangani Kesepakatan Bersama serta Launching SPDP Online
Polda dan Kejati Kepri Tanda Tangani Kesepakatan Bersama serta Launching SPDP Online
https://1.bp.blogspot.com/-rrHiXj-Fp3Q/WTkWUy3FJQI/AAAAAAAAAg4/jZ0JeBIS9dcQjMnEek97AA18XHV0a7JjACLcB/s640/WhatsApp%2BImage%2B2017-06-08%2Bat%2B%2B11.32.12.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-rrHiXj-Fp3Q/WTkWUy3FJQI/AAAAAAAAAg4/jZ0JeBIS9dcQjMnEek97AA18XHV0a7JjACLcB/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2017-06-08%2Bat%2B%2B11.32.12.jpeg
batamreport.com - digital media batam
http://www.batamreport.com/2017/06/polda-dan-kejati-kepri-tanda-tangani.html
http://www.batamreport.com/
http://www.batamreport.com/
http://www.batamreport.com/2017/06/polda-dan-kejati-kepri-tanda-tangani.html
true
3795055939870948859
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA: BERITA ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA maaf berita yang dicari tidak ditemukan KEMBALI Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy