» » » » Vonis Hakim Lebih Rendah Dari Tuntutan Jaksa Terhadap 2 Terdakwa Sabu 26,6 Kg

Vonis Hakim Lebih Rendah Dari Tuntutan Jaksa Terhadap 2 Terdakwa Sabu 26,6 Kg

Ditulis Oleh: Redaksi | Rabu, 09 Agustus 2017 | No comments




Batam, BRMajelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam vonis 2 terdakwa kasus sabu seberat 26,6 Kg dibalik lukisan Bunda Maria, dengan hukuman penjara seumur hidup bagi Hung Cheng Ning alias Tony Lee dan 15 tahun penjara untuk Raden Novi Prawira . Selasa (8/8) malam.
Vonis Majelis Hakim tersebut lebih ringan dari tuntutan JPU terhadap keduanya, dimana JPU sebelumnya telah menuntut Hung Cheng Ning alias Tony Lee dengan hukuman mati dan Raden Novi Prawira dihukum penjara selama 20 tahun.


"Hung Cheng Ning alias Tony Lee terbukti telah melanggar pasal dakwaan primer yakni pasal 114 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika,” kata Ketua Majelis Hakim Endi Nurindra Putra didampingi Hakim anggota Renni Pitua Ambarita dan Muhammad Chandra.
Hal-hal yang memberatkan terdakwa adalah tidak mendukung program pemerintah Indonesia, dalam memberantas peredaran gelap Narkoba, sama sekali tidak mengakui perbuatannya dan sudah tiga kali melakukan perbuatan yang sama.
“Hal-hal yang meringankan tidak ada,” ujarnya.
Usai mendengarkan putusan, terdakwa yang berkewarganegaraan Taiwan tersebut, melalui penerjemahnya menyatakan menerima putusan Majelis Hakim.
Sedangkan Raden Novi Prawira divonis 15 tahun penjara dengan denda 1 Miliar dan subsider 6 bulan kurungan atau lebih rendah dari tuntutan JPU yakni 20 tahun penjara, denda 1 Miliar dan subsider 6 bulan kurungan.

Usai persidangan, ketua Majelis Hakim Endi Nurindra Putra menjelaskan, pembacaan tuntutan dan putusan dilakukan sekaligus karena masa tahanan terdakwa Tony Lee dan Raden Novy akan berakhir 2 hari lagi.
“Mau tak mau harus dibacakan sekaligus,” pungkas Endi.

(Red /Aidil).
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya