» » » » BANTAX Gelar Pemilihan Duta Kepri Anti Hoax 2017

BANTAX Gelar Pemilihan Duta Kepri Anti Hoax 2017

Ditulis Oleh: Redaksi | Senin, 20 November 2017 | No comments




Batamreport.com, Batam - Dengan tema " Media Sosial Sebagai Pemersatu Bangsa " Komunitas Batam Anti Hoax (Bantax) gelar Pemilihan Duta Kepri Anti Hoax 2017. yang diadakan di gedung Dispora Kota Batam, Jl. Sudirman, Sukajadi, Minggu (19/11) sekitar pukul 10.00 Wib. 
Acara Pemilihan Duta Kepri Anti Hoax 2017 ini, baru pertama kali digelar di Kepulauan Riau, dan Batam sebagai tuan rumahnya, dengan diikuti sekitar 40 utusan peserta dari SMK/SMA/MAN yang ada Batam, Bintan,Tanjungpinang dan Karimun dan langsung dibuka oleh Kadis Kominfo Kepri, Guntur Sakti.


" Acara ini baru pertama kali kita gelar, dan diagendakan untuk acara tahunan nantinya, " kata Martin selaku ketua Panitia Penyelenggara. 
Hampir senada dikatakan oleh Dewi Sucowati,  selaku pembina Komunitas Batam Anti Hoax, yqng mana acara yang digekar oleh Komunitas nya ini, bertujuan untuk mengedukasi pelajar dan masyarakat dalam menyikapi hoax.
Selain itu, dalam menyikapi banyaknya konten palsu yang beredar ditengah masyarakat pada media sosial, beruoa fitnahan, hujatan, hasutan, berita bohong (hoax) maupun provokasi SARA, Komunitas Batam Anti Hoax ( Bantax)  mengambil bagian untuk berperan aktif. 


" Mereka yang terpilih menjadi duta anti hoax nantinya, akan mengkampanyekan cara cerdas bermedsos serta ikut berperan aktif, dalam kegiatan seperti sosialisasi dalam upanya menyikapi informasi-informasi yang berbau hoax " kata Dewi. 
" Komunitas ini dibentuk, untuk mengajak masyarakat Kepri, agar lebih kritis dalam menyikapi konten berita di media sosial (medsos), keberadaan konten berita palsu atau hoax bisa menjadi alasan terjadinya kerusuhan, secara fisik dalam kehidupan nyata, " ujarnya. 
Lanjut Dewi, Penyebaran konten palsu dilatar belakangi oleh berbagai motif, seperti bisnis untuk kepentingan tertentu. Karena sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca dan pendengarnya. 

Pemilihan Duta Kepri Anti Hoax 2017 ini, mendatangkan juri dari berbagai instansi seperti, dari Kasat Binmas Polresta Barelang, Kompol Syarifudin Dalimunthe, dari Diskominfo kota Batam, Indra Sufian dan juri dari ketua DPD Asosiasi Karnaval Indonesia Kepri/Miss Asean Peagent, Silvi Hilda. 


(Red/Aidil). 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya