» » » » Ini Kata Hendie SH Tentang Tanggapan JPU

Ini Kata Hendie SH Tentang Tanggapan JPU

Ditulis Oleh: Redaksi | Selasa, 20 Maret 2018 | No comments







Batam, BR – Setelah mendengarkan tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas Nota Keberatan (Eksepsi) nya, Hendie Devitra SH dan Sabri Hamri SH, selaku Penasehat Hukum terdakwa Tjipta Fudjiarta menyatakan, Eksepsi itu untuk memberikan pedoman bagi hakim dalam pemeriksaan perkara terdakwa.

Hal ini dikatakan oleh Hendie Devitra SH yang didampingi Sabri Hamri SH, saat usai sidang perkara dugaan tindak pidana penipuan, atau penggelapan dan pemalsuan surat di BCC Hotel Batam, dengan terdakwa Tjipta Fudjiarta. selasa (20/3) di PN Batam.

" Walaupun tanggapan JPU tidak secara substansi menjawab langsung kepada fakta keberatan dalam eksepsi, namun sesuai dengan tujuan diajukannya eksepsi tersebut adalah untuk memberi pedoman bagi hakim dalam pemeriksaan perkara terdakwa, " kata Hendie

Ia menerangkan, bahwa pihaknya juga tidak mau berpegang pada fakta formal saja, sebagaimana yang disampaikan dalam tanggapan JPU, karena walaupun sudah terbukti kebenaran formalnya, terdakwa juga menginginkan adanya kebenaran materiil dari apa yang dituduhkan, dalam dakwaan penuntut umum dalam pokok perkara, itulah alasan juga terdakwa dulu mencabut praperadilannya.

Menurut Hendie, memang tidak ada alasan limitatif menurut undang-undang mengenai alasan dakwaan, tidak dapat diterima karena perkara perdata atau bukan merupakan perbuatan pidana, oleh karena itu sepenuhnya kewenangan Hakim yang menilai.

" Bagi kami, apapun putusan Hakim kami hormati, dan kami juga siap untuk membuktikannya di pengadilan. Lebih baik tuntas pokok perkaranya agar tidak menimbulkan fitnah yang berkepanjangan dalam masalah ini," pungkas Hendie mengakhiri.



(Red/Aidil/WTB).

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya