» » » » Hasan Cs Tidak Hadir Dalam Sidang, Malah Conti Chandra Datang Pakai Mobil Pribadinya

Hasan Cs Tidak Hadir Dalam Sidang, Malah Conti Chandra Datang Pakai Mobil Pribadinya

Ditulis Oleh: Redaksi | Selasa, 03 Juli 2018 | No comments






Batam, BR  -  Hakim Pengadilan Negeri (PN) Batam, tunda sidang terdakwa Tjipta Fudjiarta dengan alasan saksi dari para pemegang saham (lama) PT. Bangun Megah Semesta tidak lengkap. Sedangkan yang hadir di dalam ruang sidang hanya Conti Chandra (pemegang saham) dan dua saksi notaris, Angly Cenggana dan Syaifuddin.

Seyogyanya, sidang sengketa dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan serta pemalsuan surat di PT Bangun Megah Semesta (BMS) ini, akan kembali digelar di Pengadilan Negeri Batam, dengan agenda mengkonfrontir keterangan saksi-saksi  dari pemegang saham, maupun dari notaris yang sudah disampaikan di persidangan Minggu lalu (25/6) dimana ketua majelis hakim PN Batam, diketuai oleh Tumpal Sagala SH, yang didampingi dua hakim anggota, Taufik Abdul Halim SH, dan Yona Lamerossa Ketaren SH, meminta Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Batam, untuk kembali menghadirkan saksi - saksi untuk dikonfrontirkan keterangan mereka semuanya yang telah menjadi saksi dalam perkara dalam perkara tersebut.

Namun beberapa saksi pemegang saham, seperti Wimeng, Hasan, Sutriswi maupun Andreas Se berhalangan hadir dalam persidangan itu. Bahkan saksi Hasan telah  melayangkan surat ke JPU, dimana isi surat itu menyatakan bahwa dirinya (Hasan), Wimeng dan Sutriswi bisa hadir dalam persidangan pada tanggal 16 Juli 2018 mendatang.

" Kita tunda sidangnya, karena saksi - saksi tidak hadir. Saksi Hasan sudah lampirkan surat ke Jaksa, dan bisa hadir pada sidang  berikutnya bersama saksi lainnya, " kata Tumpal. Senin (2/7).

Sedangkan surat panggilan saksi yang ditandatangani saksi Hasan tentang ketidakhadirannya sendiri, bernomor B - 329/Epp.2/Batam/06/2018 tertanggal 26 Juni 2018.

" Sidang dilanjutkan pada Senin depan tanggal 9 Juli 2018 untuk pemeriksaan saksi yang lain dulu. Sedangkan untuk agenda sidang konfrontir hari ini, ditunda dan diagendakan kembali senin tanggal 16/7 sesuai surat pemberitahuan saksi Hasan, " pungkas Tumpal sambil mengetuk palu tanda sidang ditutup.

Sementara itu, Hendie Devitra SH, yang didampingi oleh Sabri Hamri SH, selaku kuasa hukum terdakwa Tjipta Fudjiarta menegaskan, saksi yang akan dikonfrontir di depan persidangan adalah saksi notaris, saksi pemegang saham dan Conti Chandra sendiri.

" Kami berharap empat saksi pemegang saham yang tak hadir melalui surat pemberitahuannya, pada dua minggu mendatang tepatnya hari Senin (16/7), agar mereka tak lagi mengulur-ulur waktu, dan bersedia hadir semua di persidangan. Surat pemberitahuan tersebut ditandatangani saksi pemegang saham, Hasan yang juga mewakili saksi pemegang saham lainnya," terang Hendie.

Namun ada yang sedikit berbeda, saat Conti Chandra tiba dan akan pulang usai mengikuti sidang terdakwa Tjipta Fudjiarta yang ditunda tersebut, dimana Conti Chandra yang seorang terpidana, juga merupakan saksi dalam persidangan tersebut, datang ke PN Batam dengan menggunakan kendaraan pribadi (mobil) nya, Innova warna hitam.

Saat dikonfirmasi terkait kedatangan Conti Chandra ke PN Batam dengan menggunakan mobil pribadinya itu, salah satu humas yang ada d PN Batam, M. Chandra mengatakan bahwa hal tersebut, bukanlah kewenangan dari pihak hakim ataupun jaksa, tapi dari Lapas.

" Ini kan statusnya terpidana. Wewenang sepenuhnya berada di instansi Lapas," tegasnya.


(Red/Afinast).
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya