» » » » Peringati HBA ke 58, Kejari Batam Musnahkan Barang Bukti Narkoba Yang Berkekuatan Hukum Tetap

Peringati HBA ke 58, Kejari Batam Musnahkan Barang Bukti Narkoba Yang Berkekuatan Hukum Tetap

Ditulis Oleh: Redaksi | Rabu, 11 Juli 2018 | No comments




Batam, BR - Kejaksaan Negeri (Kejari) gelar pemusnahan ribuan barang bukti narkotika, obat - obatan dan kosmetik tanpa izin edar. Selasa (10/7) pagi. 
Acara yang digelar dihalaman kantor Kejari Batam itu, dihadiri oleh Kapolda Kepri, Ka BNNP Kepri dan Batam, Kapolresta Barelang,  Danlanal, Dandim, Imigrasi, Kapolsek Batam Kota, Kapolsek Nongsa dan instansi terkait. 
Gelaran pemusnahan barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap itu, juga bersempenaan pada gelaran Hari Bhakti Adhyaksa ke 58 tahun. 

Adapun barang bukti yang, berupa shabu-shabu 5.248,34 gram, Serbuk warna biru 33,4 gram, Heroin 0,06 gram, Ekstasy 4.728 butir dan 4,4 gram, Erimin 5 1.330 butir, Pcc 424 butir, Ganja 8.017 gram, Obat dan kosmetik tanpa izin edar 4.371 kotak, pcs, botol, Handphone 150 unit dan Timbangan 51 unit.
Dalam hal ini, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Batam, Filpan Fajar D Laia, SH menyampaikan, pemusnahan barang bukti ini merupakan kegiatan rutin Kejari Batam, dan juga dalam rangka peringatan HBA ke 58, dimana kegiatan sebelumnya yang kita lakukan adalah perlombaan karya tulis, perlombaan futsal, dan hari rabu (11/7/2018) kegiatan donor darah.

“ Kalau untuk pemusnahan barang bujti itu, adalah kegiatan rutin yang selalu kita lakukan, dimana seluruh barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap (incraht) itu harus dimusnahkan, agar tidak bisa diperginakan lagi, dan selain itu kita menggelar kegiatan lomba karya tulis, fotografi, Futsal dimana sudah ada pemenangnya dalam turnamen Futsal iti sendiri, dan juga kegiatan donor darah, " kata Filpan. 
Sedangkan barang bukti yang dimusnahkan itu, hasil tangkapan dari BNNP, BPOM, Polda Kepri, Lanal Batam yang selesai per perkara nya Pengad Negeri (PN) Batam dan dinyatakan sah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, lanjut Filpan. 

" Barang buktinya hasil tangkapan BNNP, BPOM, Polda dan Lanal Batam, " ungkap Filpan singkat. 

Namun ada yang berbeda dalam pemusnahan barang bukti yang digelar Kejari Batam kali ini, dimana Kapolda Kepri yang didampingi Kajari Batam, ikut  melakukan pemusnahan ribuan botol obat - obatan dan HP dengan cara menaiki kendaraan penggilas barang bukti tersebut. 

(Red/Afinast). 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya