» » » » » Dandim 0316/Batam Ajak Wartawan Perangi Hoax Dengan Menyajikan Berita Yang Akurat, Baik dan Benar

Dandim 0316/Batam Ajak Wartawan Perangi Hoax Dengan Menyajikan Berita Yang Akurat, Baik dan Benar

Ditulis Oleh: Redaksi | Kamis, 18 Oktober 2018 | No comments






Batam, BR - Jalin silaturahmi dan kerjasama (kemitraan) yang erat dengan Insan Pers, Letkol Inf. Romel Jangga Wardhana undang rekan - rekan wartawan, untuk Coffee Morning bersama di Pendopo Makodim 0316/Batam. Rabu (17/10) pagi. 
" Tujuan dari kegiatan ini, adalah untuk mempererat tali silaturahmi TNI dan awak media (wartawan) selaku pemberi informasi publik, baik  di lingkungan Kodim 0316/Batam dan tentunya di Kota Batam ini, " kata Romel dalam kata sambutannya dihadapan para wartawan. 
Letkol. Inf. Romel Jangga Wardhana ini, sebelum menjabat sebagai Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0316/Batam pada Agustus 2018 lalu, sebelumnya bertugas di unit pasukan khusus TNI (Kopassus). 
" Saya di Kopassus sejak lulus Akmil tahun 2000, dengan pangkat Letnan dua, hingga pangkat Letnan Kolonel saat ini, dan sekarang menjabat Dandim Batam dengan pangkat yang masih melekat di pundak saya ini, " terang Romel memperkenalkan diri sambil sesekali bergurau (bercanda). 
Kepada insan pers (wartawan), ia berharap agar teruslah kiranya dalam menyajikan berita (informasi publik) selalu di imbangi dengan data - data dan fakta yang valid (akurat) sehingga nantinya berita yang diterima oleh masyarakat itu berimbang. 
Ia mengungkapkan, saat ini sangat banyak informasi Hoax yang berkembang di masyarakat, yang disebarkan oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga isu - isu Hoax ini sudah menjadi trending topik di berbagai media sosial (medsos). 
Untuk itu, kata Romel,  melalui kawan - kawan wartawan ini lah yang bisa dan mampu memerangi berita - berita Hoax tersebut, dengan menyajikan berita yang baik, akurat, dan berimbang, sesuai data dan fakta yang terjadi dilapangan, sehingga masyarakat bisa membedakan mana berita yang baik dan dapat dipercaya kebenarannya, dan mana yang Hoax. 
" Marilah kita bersama - sama perangi informasi yang bersifat Hoax itu, karena satu kebohongan yang di informasikam, akan melahirkan kebohongan lainnya terus menerus, sehingga bisa menjadi pembenaran di mata masyarakat, dan hal ini harus kita cegah sedikit mungkin, " ajak Romel. 
Romel juga mengatakan, sebentar lagi akan memasuki pesta demokrasi, jajaranya juga diminta harus tetap netral, dalam menjaga keamanan di Batam tanpa ada jurang pemisah.
" Apabila ditemukan jajaran kami yang tidak netral, mendukung salah satu pihak partai, maka laporkan, kami tak segan-segan memberikan sanksi bagi personil yang terlibat, ini sesuai aturan di TNI, ” tegasnya.
Romel juga menghimbau, agar media pun turut berperan aktif mewujudkan Batam menjadi kota yang lebih kondusif, tentunya dengan menyajikan berita-berita yang menyejukkan.
" Terkait berita miring, baik itu di kodim atau di Kota Batam ini, mohon berita tersebut di koreksi terlebih dahulu, jangan sampai berita tersebut bisa menimbulkan fitnah yang merugikan orang lain atau kita sendiri, " pesan Dandim yang baru menjabat jalan 3 bulan di Kodim 0316/Batam ini. 
Tak lupa, Romel beserta jajarannya mengucapkan rasa terima kasihnya, kepada rekan - rekan wartawan yang sudah hadir memenuhi undangan Coffe Morning di Makodim 0316/Batam ini. 

(Red/Aidil). 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya