» » » » » F1QR Lanal Batam Amankan Ribuan Handphone Selundupan

F1QR Lanal Batam Amankan Ribuan Handphone Selundupan

Ditulis Oleh: Redaksi | Rabu, 10 Oktober 2018 | No comments





Batam, BR - Sebanyak 2.358 unit handphone berbagai merek yang akan diselundupkan ke luar Batam, berhasil diamankan Tim F1QR Lanal Batam di perairan Pulau Dangsi. Minggu (7/10) sekitar pukul 01.0 WIB. 

Ribuan handphone berbagai merek tersebut, dibawa menggunakan satu unit speedboat berwarna putih, bertendakan biru. 

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut, Kolonel (E) Iwan Setiawan, menjelaskan, penangkapan tersebut bermula, dari informasi masyarakat yang katanya akan ada speed boat yang memuat narkoba atau minuman beralkohol di pulau Dangsi, Sagulung.

" Atas informasi tersebut, kami langsung melakukan pengintaian dibeberapa titik yang kemungkinan akan dilalui oleh speed boat, yang bermuatan barang ilegal tersebut, dari hari Sabtu (6/10), lalu tim kami sudah standby, ” kata Iwan, Senin (08/10) sore.

Ia juga mengungkapkan, Tim F1QR sempat melakukan kejar-kejaran terhadap speedboat yang dicurigai membawa narkoba tersebut. Speedboat itu masuk kearah hutan bakau dan pelaku mengkandaskan speedboat yang dibawanya tersebut. 


" Saat tim melakukan pengejaran, belum sempat mengeluarkan tembakan peringatan ke udara, dua orang pelaku sudah melarikan diri ke arah hutan bakau, dan dari speed tersebut didapati 66 Dus barang ilegal. Bahkan sebelumnya sudah ada beberapa barang muatan yang dibuang ke laut, untuk meringankan kapal. Para pelaku itu juga hendak membakar barang muatan yang sudah yang dibawanya tersebut. 

Setelah mendapatkan arahan dari pimpinannya, lalu anggota F1QR pun langsung melakukan pembongkaran, untuk memastikan isinya. Setelah dibongkar 66 Dus itu ternyata berisikan Handphone. Jumlah handphone setelah dihitung sebanyak 2.358 Pcs dari berbagai merek.

“ Sampai saat ini pemiliknya masih kita selidiki, sementara saya dapat informasi barang ini dimiliki lebih dari 4 atau 5 orang, dan pelaku yang membawa speed sudah kabur, " tambahnya.

Hingga berita ini diunggah, ribuan handphone berbagai merek tersebut, masih diamankan di Mako Lanal Batam, untuk diproses oleh pihak TNI AL. 


(Red/Aidil). 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya