» » » » Kodim 0316/Batam Gelar Kegiatan Batam Bersih, Bebas Sampah, Dalam Rangka Sambut Hari Pahlawan

Kodim 0316/Batam Gelar Kegiatan Batam Bersih, Bebas Sampah, Dalam Rangka Sambut Hari Pahlawan

Ditulis Oleh: Redaksi | Jumat, 09 November 2018 | No comments






Batamreport. com - Dalam rangka peringati Hari Pahlawan 10 November 2018 yang jatuh pada Sabtu Besok, Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam dibawah Pimpinan Letkol. inf. Romel Jangga Wardhana bersama Pemko Batam, gelar Kegiatan Kepri Bersih, Batam Bebas Sampah. 

Acara Kepri Bersih, Batam Bebas Sampah ini, diawali dengan apel pengecekan kesiapan peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut, di lapangan PT. Wira Nata Tamtama, Kampung Agas Kelurahan Tanjung Uma Kec. Lubuk Baja, Kota Batam yang di ikuti oleh +_ 700 Orang.


Selain Dandim 0316/Batam yang memimpin langsung acara Kepri Bersih, Batam Bebas Sampah tersebut, hadir juga Walikota Batam, HM. Rudi,SE, Jefridin (Sekdako Batam), Yumasnur (Kepala PU Batam), Herman Rozie (Kepala DLH), Azman ( Kepala Damkar dan Penanggulangan Bencana Pemko Batam ), dan Kompol Yunita Stevani, S.IK, M.Si (Kapolsek Lubuk Baja)

Adapun keterlibatan TNI dan Polri, serta instansi terkait lainnya, dan juga Ormas yang ikut dalam kegiatan ini, antara lain dari Yonif RK 136/TS, Yonif Mar 10/SBY, Polresta, Denpom 1/6 Batam. Brimobda Kepri, Rumkitban Bata, Basarnas Kota Batam, Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam, Sat Pol PP Kota Batam, Ditpam Kota Batam, Kecamatan Lubuk Baja, FKPP, IKBSS, Gagak Hitam, PP, Perpat, IKABSU,IKSB, PGR, SMA N 1, dan Perwakilan Pramuka Kota Batam.


Dalam kata sambutannya, Dandim 0316/Batam, Letkol.Inf. Romel Jangga Wardhana mengatakan, bahwa pada hari ini (Jumat) siap untuk melaksanakan Batam Bebas Sampah.

" Kami bersama Bapak Walikota sengaja menginisiasi kegiatan ini, dalam rangka " Hari  ", kita melaksanakan Batam Bebas Sampah, " kata Romel.



Lanjut Romel, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di namun saja, namun diseluruh Kepri kita Laksanaka, sehingga judul utamanya, adalah Kepri Bersi.

" Dan kita sendiri di Batam ini, terfokus melaksanakan pembersihan di Tanjung Uma, dengan tujuan bahwa kita mengingat kembali jasa - jasa para Pahlawan, bahwa mereka berjuang sampai titik darah penghabisan dan kitalah generasi penerus untuk melanjutkannya, " ujarnya.


Maka dari itu, salah satu upaya kita adalah dengan memberantas ataupun membersihkan sampah, sambung Dandim yang ramah dan penuh senyum itu.

" Saat ini sampah sudah menjadi musuh bagi kita bersama, bukan hanya teroris saja. tapi sampah pun apabila tidak kita atasi dapat merugikan dan bahkan membunuh kita, " pungkas Romel.


Sedangkan kegiatan Batam Bersih ini, dibagi dalam beberapa sektor, yang langsung dibagikan oleh Kapten Inf H.P Siregar dan langsung menuju sasaran sektor yang sudah dibagi menjadi 5 sektor.

Adapun ke 5 sektor itu, masing - masing ada koordinator nya, yakni sasaran 1 koordinatornya, Kapten Inf B Zebua, Sasaran 2 Koordinator, Kapten Inf R Nainggolan, sasaran 3 Koordinator, Kapten Inf Hendrik M, sasaran 4 koordonator, Kapten Inf R Sitinjak, dan sasaran ke 5 koordinator, Kapten Inf . W. Sinaga.


Meskipun kegiatan Kepri Bersih, Batam Bebas Sampah ini, diguyur hujan deras, sejak pukul 08.00 WIB, tidak mengurungkan langkah seluruh peserta untuk segera melakukan kegiatan bersih - bersih sampah tersebut.

Terbukti pada hingga pukul 09.30 wib suara sirine berbunyi menandakan kegiatan Batam Bersih selesai, masih ada saja peserta yang masih membantu masyarakat sekitar lokasi yang membersihkan sampah dilingkungannya itu. Dan pukul 10.00 wib kegiatan Batam Bersih selesai dengan aman dan lancar.





(Red/Aidil). 
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya